Arum Anggraeni Maulida: Lulusan Hukum yang Berkarir Sebagai Perancang Peraturan Perundang-undangan

Mengawali karir saya di pemerintahan, saya telah memilih menjadi pejabat Perancang Peraturan Perundang-undangan di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

Saya merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018. Mulai ditempatkan di Biro Hukum dan Administrasi Kementerian dan Perwakilan pada 1 Februari 2019.

Saat ini saya menjabat Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Pertama (Perancang), yang dilantik untuk pertama kali di Kemenlu.

Tugas dan Fungsi

Secara umum, tugas dan fungsi Perancang di Kemenlu adalah membentuk peraturan perundang-undangan, dan peraturan lainnya berupa perjanjian kerja sama, keputusan, pedoman dan lain sebagainya.

Perancang harus memahami teknik penyusunan peraturan perundang-undangan, terutama pada Lampiran II Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Jo. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2019. Selain itu, perancang harus memiliki pengetahuan yang luas, dan skill yang terasah.

Perancang pada dasarnya mempunyai peran yang sangat strategis dalam membangun hukum di Indonesia, secara khusus saya di Kemenlu. Di instansi saya, saya harus menyeimbangkan kebijakan yang diterjemahkan dalam peraturan dan produk hukum, tidak tumpang tindih dengan kebiasaan dan hukum internasional, peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi maupun setingkat.

Konsentrasi Hukum Internasional Jadi Perancang?

Dahulu saat kuliah S-1, saya memang mengambil konsentrasi hukum internasional. Saya sempat mengambil pelajaran hukum laut internasional dan hukum diplomatik dan konsuler. Berharap bisa mengikuti Sekolah Dinas Luar Negeri.

Namun berkat rezeki dan doa orang yang pernah ditemui, saya menjabat Perancang yang khusus menangani masalah peraturan yang terus berkaitan dengan kebijakan luar negeri.

Dalam jabatan ini, saya menjadi paham proses pembentukan peraturan perundang-undangan, dan juga berupaya mengulang dan mengaplikasikan pengetahuan hukum internasional saya dalam peraturan.

Semoga ke depannya saya dapat menjadi Perancang handal bagi Kemenlu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan ke Sapporo, Hokkaido Jepang (Maret 2017)

Menikmati Minggu Siang dengan "Menu Sop Iga"

Mudah! Mengecek Pencernaan Anak Melalui Fitur Tummypedia Bebelac