Kebencian Rasul Saw. Kepada Seorang yang Menggunjing



Abu Hurairah berkata:
Suatu hari Al-Aslami datang kepada rasul Saw., lalu ia bersaksi untuk dirinya sendiri bahwa ia telah menyentuh seorang wanita yang bukan muhrimnya sebanyak empat kali, maka beliau memberi perintah untuk merajamnya.

Suatu Ketika beliau mendengar dua orang lelaki dari sahabatnya yang salah satunya berkata kepada yang lain, "Lihatlah lelaki ini, sungguh Allah Swt. Telah menutup aibnya, namun ia membuka aibnya sendiri hingga ia dirajam seperti anjing.”

Mendengar gunjingan keduanya, beliau hanya diam. Dan ketika beliau melintasi bangkai keledai yang telah membusuk kakinya, beliau berkata, “Dimana fulan dan fulan?”

“Kami disini, wahai Rasul,” jawab dua orang sahabat tadi yang sedang menggunjing.

“Kalian berdua kemarilah dan makanlah bangkai keledai ini,” perintah beliau kepada keduanya.

“Wahai Nabi Allah, semoga Allah Swt. Memberi ampunan kepadamu, kenapa kami harus memakan bangkai keledai ini?” tanya keduanya merasa heran dengan perkataan beliau.

“Sungguh kalian telah mencela perilaku saudara kalian yang telah lalu dan itu lebih buruk daripada makan bangkai. Demi Dzat yang diriku berada dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya orang yang kalian gunjingkan sekarang berada di sungai surga, dan ia sedang menyelam di dalamnya.”

Daftar pustaka: 
Malik, Miftahul A.. 102 Kisah Rasulullah yang  Paling Mengharukan Sepanjang Sejarah. 2014. Yogyakarta: Semesta Hikmah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan ke Sapporo, Hokkaido Jepang (Maret 2017)

Menikmati Minggu Siang dengan "Menu Sop Iga"

Mudah! Mengecek Pencernaan Anak Melalui Fitur Tummypedia Bebelac