Memasang Custom Domain di Blogspot

Memasang Custom Domain



Memasang custom domain di blogspot adalah salah satu target blog impianku. Alhamdulillah.. target tersebut telah tercapai di tanggal 12 November lalu. 

Apakah para pembaca sudah melihat perubahan situs pada blogku? Sebelumnya blogku mempunyai nama domain arumanggraenimaulida.blogspot.com, dan sekarang menjadi arummaulida.com.

Beralih ke Top Level Domain (TLD)

Sekitar tahun 2018 lalu, saat aku baru melahirkan anak pertama, aku sempat ingin memasang Top Level Domain (TLD). Niatnya itu dilaksanakan dengan menggunakan jasa pemasangan di kota Jogja. 

Ketika mencari pemberi jasa pemasangan website profesional, ketika itu waktu terlalu mepet dengan jadwal pindahanku ke Jakarta. Sehingga, niat mengganti custom domain pun terhenti, karena tidak bisa menemukan jasa yang hasilnya cepat.

Sampai pada saat blosgpsotku menggunakan custom domain adalah ketika aku mengikuti Blogspedia Coaching #1. Selain karena salah satu tugas ke-7 Coach Marita Ningtyas, keinginanku menggunakan custom domain menjadi tujuan lagi.

Membeli Domain ".com"

Sebelum memasang domain, terlebih dahulu aku memutuskan membeli domain ".com" di rumah web. Saat itu, kebetulan toko sedang ada promo pembelian di 11 November. Itu atas informasi yang Coachku berikan. Jadi ketika pemesanan di hari H, aku hanya perlu membayar domain tersebut sebesar Rp99.000,-, dengan tambahan perlindungan akun sebesar Rp10.000,-. Sehingga total bayar adalah sekitar Rp119.000,-. Lumayan murah ya? Hehe.

Proses pembelian domain melewati beberapa langkah. Pertama aku perlu mengecek apakah arummaulida.com tersedia atau tidak. Kedua, setelah mengetahui ketersediaannya, aku melakukan pemesanan dengan melakukan pembayaran via gopay. Selanjutnya, akan ada beberapa email yang masuk yang memproses pemesanan domain.

Cara Memasang Custom Domain

Memasang custom domain terbilang cukup sulit bagi yang belum mengetahui caranya, dan mudah bagi yang mengetahui dan mengikuti tahapannya dengan teliti dan benar. Disini, aku mengikuti tahapan yang Coach Marita tulis di Cara Memasang TLD. Apa yang Coachku sampaikan sangat runtun, mudah dan jelas, sehingga aku berhasil menlaksanakannya.

Coach Marita sangat detil dalam mendeskripsikan tahapannya. Ia juga tak lelah menjawab beberapa pertanyaan rekanku di kelas Coachingnya, yang sedang mengalami kesulitan. Yuk, mari ku ajak mengetahui caranya.

Tahapan yang diajarkan Coach Marita secara singkat sekali kujabarkan sebagai berikut: (mohon maaf jika tidak berurutan, ini hanya berdasarkan ingatanku saja, bukan cara resmi yang ditulis di Blogspedia):

  1. Login ke Akun Rumah Web, lakukan verifikasi;
  2. Mengecek di who.is domain arummaulida.com;
  3. Mulai melakukan manage account dengan mengikuti langkah-langkah seperti enable to edit.
  4. Menuju ke blogger.com, lalu login ke akun blogspot. Disana masuklah ke menu setting dan custom domain.
  5. Masukan custom domain "arummaulida.com" dan akan muncul error yang berisi nama dan kode untuk diisi di site pemasangan domain.
  6. Masukan tiga kali nama dan pilihan berdasarkan clue dari error' di custom domain pada Managed DNS. Setelah itu kita dapat mengklik save. 
  7. Kembali melakukan daftar custom domain dengan nama yang sama. Jika, masih eror tunggu beberapa saat.
  8. Custom domain pun akan berhasil. Nama site kita sebelumnya ada blogspot, sudah tidak ada lagi. Jangan lupa klik dibagian URL Https pada blogger untuk dichecklist. Tak lama, kita dapat melihat situs kita berubah menjadi TLD.
Cukup mudah, bukan? Namun sedikit sulit kalau para pembaca tidak praktik secara langsung. Aku pun berhasil dengan membaca secara seksama petunjuk yang ada di Blogspedia, dan sambil mepraktikan langsung panduannya.

Baca Juga: Tentang Arum Anggraeni Maulida

Mengapa arummaulida.com?

Sejujurnya, dulu aku sempat ingin kalau nama blogku sesuai dengan nama lengkapku, yaitu arumanggraenimaulida.com. Tapi atas pertimbangan dan kaidah SEO, aku pun memutuskan menggunakan arummaulida.com. Penggunaan nama domain tersebut diharapkan sesuai dengan SEO dan tidak menyebabkan terlalu panjangnya URL tulisanku nantinya.

Domain arummaulida.com sendiri juga berasal dari namaku. Arum dari nama depan. Maulida dari nama belakang. Harapannya, setiap orang yang mengunjungi blogku paham bawah yang menulis adalah Arum Anggraeni Maulida.

Baca Juga: SEO pada Blog

Pengalaman Memasang TLD

Aku melakukan pemasangan Top Level Domain (TLD) cukup ringkas dan cepat. Yang aku lakukan hanya mengikuti panduan lengkap Coach Marita. Itu pun tanpa bertanya - tanya, lagi.

Meskipun saat proses pemasangan aku sedang dalam waktu dinas pekerjaan. Di tengah kesibukan tersebut, aku menyempatkan diri untuk mendaftar hingga berhasil mengganti nama domainku. Untung saja tugas pemasangan blog ini, diiringi dengan penjelasan yang sejelas-jelasnya. 

Dari dulu aku berpikir untuk perlu menggunakan jasa pemasang situs .com, yang harganya sekitar 350-500ribu an. Namun dengan memahami cara manual kerjanya, aku menjadi paham. Ini pun sangat berkesan karena aku berhasil melakukannya dalam kurang satu jam.

Setahuku, ketika sudah berlangganan TLD per tahun. Di tahun berikutnya, kita hanya perlu membayar langganan dan tidak melakukan custom ulang. Simple yah? Hehe.

Akhir Cerita Custom Domain Blogspot

Nah, para pembaca atau teman-teman blogger disini, bagaimana pengalamanku memasang custom domain? Apakah teman-teman berkeinginan untuk mencobanya? Jika iya, silakan persiapkan diri dan blogspotnya, ya. Dan jangan lupa niatkan untuk mengembangkan blog semakin lebih baik lagi!

Sekian cerita memasang custom domain blogku. Sampai jumpa di tulisan lain, ya.


Komentar

  1. Selamat mba Arum sudah TLD juga akhirnya. Semangat mengembangkan blog jadi semakin baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Winpus.. semoga ini menjadi awal untuk rutin sharing via blog ini :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan ke Sapporo, Hokkaido Jepang (Maret 2017)

Menikmati Minggu Siang dengan "Menu Sop Iga"

Mudah! Mengecek Pencernaan Anak Melalui Fitur Tummypedia Bebelac