The Big Why Menulis di Blog dan Tips Manajemen Waktu


the-big-why-menulis-di-blog-dan-tips


Hallo readers,,

Apa kabarnya hari ini? Semoga readers dalam keadaan sehat wal afiat ya. 


Dalam kesempatan ini, aku ingin mengemukakan alasan mengapa sih aku menulis di blog. Meskipun belum menjadi rutinitas, hehe. Selain itu, aku juga akan membagikan tips manajemen waktu ala diriku.


Yuk dimulai...


Alasan Menulis di Blog


Nah, awal banget ngeblog itu adalah karena aku merasakan telah menemukan platform yang bisa menjadi tempat mengabadikan tulisan di internet, yang kapasitasnya bisa panjang dan dapat menunjukan sisi diriku lewat nama blognya. Aku pun bisa mengedit profil, mengatur template dan menulis, serta membagikan momen sesuka hati.


Ketika memulai menulis beberapa tulisan sejak tahun 2012, hingga tidak terasa sudah terkumpul beberapa tulisan, aku mulai senang berbagi hal positif. Hal tersebut misalnya berupa tulisan resep masak, pengalaman mengurus beberapa visa, pengalaman traveling, dan artikel terkait organisasi serta pekerjaan. Banyak ya temanya? Hehe.. memang blogku ini belum spesifik pada tema tertentu, jadi tulisan di dalamnya bervariasi.


Di sisi lain, aku juga pernah menjadikan blogku tempat untuk menulis artikel karena lomba, dan itu sebanyak dua kali. Yang pertama, aku berhasil menang sebagai juara 3 dan mendapatkan hadiah sebesar Rp3 juta rupiah. Yang kedua, aku tidak berhasil menang namun aku menjadi finalis dan masuk 10 besar dari saingan dengan banyaknya peserta. Padahal platform yang aku gunakan hanya blogspot, namun ternyata sudah bisa mendapatkan prestasi. Senangnya ..hihi


Setelah melahirkan anak pertama, aku belum berkeinginan bekerja yang berkarir. Saat itu aku berfikir mau mengembangkan blog sendiri yang lebih profesional dan fokus pada tulisan tentang dunia anak, keluarga, dan jasa. Isinya akan lebih seputar sharing-sharing, sambil iklan untuk menerima job translasi dokumen. Namun niat itu tidak terwujud, karena saat di Yogyakarta aku belum menemukan pembuat domain website yang pas. Sehingga mimpi itu mulai terhenti, dan belum berlanjut sampai saat ini.


Singkat cerita, tak lama aku dan keluarga kecilku pindah ke Jabodetabek. Disaat anakku berumur 9 bulan aku mulai masuk kerja, walau pun masih kebanyakan Diklat (jadi anak masih terurus, karena aku saat itu membawa anakku ke asrama dan menyiapkan penginapan keluarga di dekat tempat Diklat). Semenjak itu, agenda jadi blogger profesional pun tergerus, karena aku belum begitu yakin akan dapat mengelola dengan baik bila menggunakan website berbayar.


Meskipun demikian, selang berapa lama bekerja aku semakin sadar keinginganku, aku tetap harus mengembangkan blogku. Karena aku merasa banyak sekali manfaat pada blog, selain membagikan hal bermanfaat aku juga dapat membangun personal branding di luar kerja formalku. Jujur saja, aku memang fokus pada banyak hal, seperti mengurus keluarga, bekerja, mengembangkan media sosial, dan berkomunitas. Namun semua itu tidak menyempitkan waktuku untuk memulai lagi mengembangkan blog. 


Hmmm.. tidak terasa sudah panjang lebar bercerita,, nah daripada hanya bercerita saja aku juga ingin sharing tips manajemen waktu di keseharian dalam berkeluarga, bekerja, dan sembari mengelola blog.


Tips Manajemen Waktu


1. Mengetahui Prioritas


Dalam membagi waktu dengan baik, kita harus tahu prioritas yang kita miliki. Sehingga saat kita harus menentukan pilihan mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu pada waktu bersamaan atau waktu yang terbatas, kita akan mampu memilih dengan baik dan bijak.


2. Mengerjakan Tanpa Menunda


Setelah kita mengetahui masing-masing prioritas kita, kerjakan lah sedikit demi sedikit target harian kita tanpa menunda, karena menunda merupakan awal dari kita menumpuk suatu pekerjaan dalam satu waktu, pada akhirnya.


3. Beristirahat Bila Merasa Lelah


Manusia tentu saja bisa merasa lelah. Itu sangat wajar. Nikmati dan rasakan. Jika lelah telah datang, beristirahatlah sejenak. Ini penting untuk kembali mengisi energi, sehingga apa yang dihasilkan akan optimal dengan waktu yang kita miliki.


4. Melakukan Pekerjaan Apapun dengan Ikhlas


Semua hal jika dilakukan dengan ikhlas, akan membuat kita merasa menjadi seorang yang bermanfaat. Menjadi manusia yang melakukan sesuatu sesuai hati dan tanpa mengharap imbalan, atau dengan kata lain, ikhlas. Ini mendorong kita menjadikan waktu sebagai sesuatu yang berharga, karena manfaat adalah tujuan kita. Kita melakukan sesuatu karena dorongan positif sehingga waktu begitu berharga dan tertata.


5. Percaya pada Proses, bukan Hanya Hasil


Hasil memang sebagai tujuan, namun proses yang berjalan bahkan berulang dapat menjadikan kita belajar dan maju dengan lebih baik lagi. Menikmati proses di setiap waktu, menjadikan kita terbiasa mengelola waktu dengan berbagai proses yang dilakukan selama hidup.


6. Memiliki Catatan di Handphone atau Note Kecil 


Nah..bisa saja dalam satu waktu kita mengalami saat begitu sibuknya kita. Bahkan kita mungkin saja bisa lupa, semisal lupa saat punya target menulis blog, lupa kalau ada meeting, lupa ada acara keluarga, lupa untuk mengirim paket, dan lain sebagainya. Untuk itu, ada baiknya kita mulai mencatat jadwal (bila dirasa perlu). Kita dapat mencatat kegiatan dan jadwal penting yang mungkin saja suatu saat terlupa. Dengan demikian, kita telah memanajemen waktu semakin baik lagi.


Yuppss.. itu dia sedikit tips manajemen waktu ala aku.. hehe mungkin readers bisa mengikuti atau mengambil sebagian tips yang aku bagikan, dan diterapkan di kehidupan readers. 


Pada intinya alasan terbesarku menulis diblog adalah menceritakan pengalamanku, yang mungkin saja memberi manfaat bagi orang lain. Maka, aku juga selalu berusaha mulai teratur pada waktu agar aku masih sempat menulis di blog dan tidak melupakan prioritas lainnya dalam hidup. Saat ini aku juga sedang menimba ilmu di Blogspedia Coaching for Newbie yang dilatih oleh Mbak Marita. Semoga aku dapat memperbaiki blog semakin lebih baik lagi. Hehe


Mohon doanya ya readers, semoga aku mampu mengelola blog secara berkelanjutan dengan baik, dan  dapat membawa manfaat meskipun sedikit lewat tulisanku. 


Cukup sekian untuk saat ini.

Sampai jumpa lagi di tulisan lainnya, readers.


Terima kasih sudah membaca!


☺️


Komentar

  1. Wah udah lama juga ya mbak ngeblognya. Bahkan udah pernah menang lomba juga. Berarti tinggal melesat aja nih :) keep writing & sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe yaaa mba.. ya cuma karena kurang konsisten ngembanginnya..jadi sering mandeg.. thank you mba Marita

      Hapus
  2. Tulisannya menginspirasi, terutama yang kusuka pada poin 5, "Percaya pada Proses, bukan Hanya Hasil."

    BalasHapus
  3. Saya juga sudah lama ngeblog mbak, bedanya masih minim prestasi kalau saya. hehe. Semoga prestasinya bisa nular ke saya ya mbak. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Septi.. hihi iya saya minim juga kok mbak.. hehe yuk mari bersama mengembangkan blog ya sudah lama ini..

      Hapus
  4. Keren banget nih mbak, mepetlah sama mbaknya supaya prestasinya bisa kecipratan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee aamiin aamiin mba.. semoga setelah kelas kita semua semakin berprestasi dalam dunia blogging

      Hapus
  5. Masyaallah...dah lama juga nih pengalaman nge-blognya, sampe udah menang juga. Pantesan di grup sebelah tulisannya langsung lolos.
    Barakallah....semangat berkarya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah.. terima kasih ya bunda Lillah.. hihi iya memang lama dan ternyata belum mengenal banyak dunia blogging.. hanya sekadar sharing aja dulu

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan ke Sapporo, Hokkaido Jepang (Maret 2017)

Menikmati Minggu Siang dengan "Menu Sop Iga"

Mudah! Mengecek Pencernaan Anak Melalui Fitur Tummypedia Bebelac