Hari Blogger Nasional: Aku dan Wajah Baru Blogku

hari-blogger-nasional-aku-dan-blogku


Hi, Semua.

Selamat Hari Blogger Nasional bagi teman-teman blogger semua, ya. Sebenarnya, aku baru saja mengetahui kalau ada Hari Blogger Nasional di tanggal 27 Oktober. Nah untuk ikutan memperingati hari spesial tersebut, aku akan membagikan sedikit perjalanan ngeblog hingga menjadi wajah baru blogku.

Pada mulanya, wajah baru ngeblog ini dikembangkan saat mengikuti Blogspedia Coaching #1.

 

Sejarah Singkat Ngeblog

Awal mulanya aku ngeblog karena terinspirasi dari seorang blogger yang seumuran denganku. Aku membaca isi blog blogger tersebut, ia senang membagikan berbagai pengalamannya. Aku pun mulai terinspirasi membuat domain blogspot untuk pertama kalinya, pada tahun 2009. Isinya kala itu hanya seputar resep dan satu cuitan anak Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berlanjut, aku mengulang membuat blogspot baru, disebabkan aku lupa dengan email dan password sebelumya. Kala itu, email sebelumnya dibuatin sama sahabat SMA, jadi memang suka kelupaan pas gonta-ganti password. Pasca kejadian itu, aku pun mulai membuat email sendiri dan kembali menggunakan blogspot, dengan nama arumanggraenimaulida.blogspot.com.


Seberapa Seringnya Ngeblog?

Sebenarnya kegiatan ngeblogku itu dilakukan dengan semau hati dan sesempat ngetik saja. Blogku sendiri memang belum memiliki tema spesifik, sehingga postingannya berdasarkan pada apa yang ingin dibagikan. Jika tidak ada hal yang sempat dibagikan dalam bentuk tulisan, biasanya blogku bisa vakum selama berbulan-bulan, bahkan pernah sampai setahunan ga ada tulisannya.


Tema Tulisan di Blog

Saat ini aku telah memutuskan untuk menggunakan niche blog, yaitu: lifestyle blog. Sehingga tema tulisan di blogku akan bervariasi, namun terbatas pada hal seputar sharing, parenting, traveling, dan cooking. Tema blogku tersebut tidak jauh berbeda atau sama persis dengan tema YouTube Channel keluargaku, Little Carlen.

Khusus blog ini, pada dasarnya, aku ingin mengatur jadwal posting dengan tema tertentu pada hari tertentu, dalam satu bulan. Sepertinya menarik ya kalau seperti itu? Bagaimana menurut teman-teman? Sehingga kategori atau label pada Blogku dapat terisi dengan baik. Postingan blogpun semakin terisi.


Ikut Kelas Blog Mbak Marita Ningtyas

Tahun 2020 ini aku mendapat kesempatan ikutan kelas blogging, yang diadakan oleh Mbak Marita Ningtyas. Senang sekali rasanya. Sebelumnya aku belum pernah terpikirkan untuk ikut kelas blog, karena memang niat ngeblog masih seputar sharing tulisan. Sehingga, aku belum begitu memerhatikan berbagai fitur lainnya di blog untuk dipelajari melalui kelas khusus.

Dengan mengikuti kelas Mbak Marita Ningtyas, aku mulai semakin aware dengan beberapa fitur yang aku belum pernah gunakan sebelumnya. Dari itu, aku mulai berusaha memperbaiki tampilan, dan mengisi beberapa keterangan fitur yang aku belum tahu sebelumnya demi blogku yang lebih bagus lagi, dan menjadi blogger profesional.


Wajah Baru Blogku

Sekarang, teman-teman bisa melihat wajah baru blogku. Memang belum sempurna kalau dibilang keren, hehe. Tapi seenggaknya sudah menjadi wajah baru blogku, yang sebelumnya sudah membosankan, menurutku.

Yang berubah dari tampilan sebelumnya ialah ada pada tema dan layout. Semua aku ubah menjadi lebih viewer friendly juga. Warna pada theme dari blog aku kombinasikan menggunakan warna abu-abu dan pink. Aku pun mulai menambah featured post di halaman beranda blogku.

Nah, demikian tulisan ini dibuat dalam memperingati Hari Blogger Nasional. Semoga saja blogger pemula hingga profesional dapat mengembangkan blog semakin lebih baik, dan membawa manfaat bagi generasi.

Sampai jumpa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan ke Sapporo, Hokkaido Jepang (Maret 2017)

Menikmati Minggu Siang dengan "Menu Sop Iga"

Mudah! Mengecek Pencernaan Anak Melalui Fitur Tummypedia Bebelac