Pengalaman Senam Hamil Pertama dan Kedua

Hai..selamat siang semuanya...
Dalam kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman mengikuti senam hamil di Kota Yogyakarta.

Saya baru mengikuti senam hamil (mencoba di rumah sakit) pada usia kehamilan 32 Minggu. Sebelumnya, saya hanya berlatih dengan video-video youtube tentang prenatal yoga dan senam hamil + beberapa gambar panduan senam hamil yang didapat dari media sosial

Usia kehamilan saya saat ini adalah 33 minggu 3 hari dan saya telah mengikuti 2 kelas senam hamil pada hari Rabu tanggal 4 April 2018 di RS Bhakti Ibu dan tanggal 11 April 2018 di RS Happy Land.

Biaya senam hamil di RS Bhakti Ibu adalah 20 ribu pada pertemuan pertama dan 15 ribu pada pertemuan selanjutnya (dapat air mineral). Sedangkan di RS Happy Land biaya senam hamil adalah 30 ribu (dapat jus bisa pesan takaran gulanya).

Pada pengalaman pertama, saya mengikuti kelas senam hamil di Bhakti Ibu yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dengan peserta 12 orang. Instrukturnya adalah bidan yang menurut saya cukup aktif dan menyenangkan. Senam dipandu dengan cara menarik dari gerakan terlentang, merangkak, berdiri, dan relaksasi diisi dengan sugesti. Dalam memandu, ia memperhatikan peserta yang gerakannya masih salah dan mengajarkan cara agar kepala bayi dapat berada di bawah (bagaimana nungging). Selain itu, untuk umur kandungan di atas 35 minggu, instruktur mengajari cara mengejan yang benar agar bayi dapat keluar dengan lancar. 




Di pengalaman kedua, yaitu di RS Happy Land, dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB oleh seorang instruktur yang cukup gesit (namun terkadang arahannya kurang jelas dengan suara pelan, sehingga peserta yang tidak fokus akan ketinggalan). Peserta terdiri dari 6 orang. Gerakan-gerakan yang dipandu cukup bervariasi dimulai dari pemanasan dan gerakan berdiri, lalu terlentang, dan merangkak, serta diakhiri dengan relaksasi sekitar 15-20 menit (ruangan dibuat gelap dan dipasang musik klasik). Dalam prosesnya, sang instruktur juga memberi perhatian lebih kepada peserta yang hamil di usia di atas 36 minggu, yaitu dengan mengajarkan cara mengejan dan menarik nafas panjang.





Dari dua pengalaman di atas, saya cukup merasa puas dengan senam hamil yang saya ikuti di 2 RS tersebut. Selain membawa manfaat, senam hamil dapat membantu ibu-ibu hamil menyegarkan pikiran, membuat yakin, dan membangkitkan semangat. Dalam menyambut kelahiran anak pertama ini saya berniat safari senam hamil tiap minggu di klinik atau RS berbeda agar saya dapat meraih banyak referensi gerakan. Selebihnya saya hanya berlatih di rumah lewat video youtube, jalan pagi secara rutin bersama suami, dan bermain gymball.

Demikian yang dapat saya ceritakan tentang pengalaman senam hamil pertama dan kedua. Pada tanggal 20 April mendatang saya akan mengikuti Aqua Prenatal Yoga yang diadakan oleh bidankita. InsyaAllah saya akan bagikan sedikit pengalaman lagi tentang yoga yang akan dilakukan.

Sampai jumpa...
Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Harus daftar dulu apa nggak ya mbak? Atau langsung datang pas jadwalnya aja?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan ke Sapporo, Hokkaido Jepang (Maret 2017)

Menikmati Minggu Siang dengan "Menu Sop Iga"

Mudah! Mengecek Pencernaan Anak Melalui Fitur Tummypedia Bebelac