Studi dan Bulan Madu Hemat: Perjalanan ke Korea Selatan dan Hong Kong dengan Paket Pesawat + Hotel Traveloka





"Berjalanlah sejauhnya, raih ilmu dan nikmati waktu dalam hidup"-arumanggraenim

   Mengadakan perjalanan ke luar negeri adalah hal yang menggembirakan untuk dilakukan, apalagi bila perjalanan tersebut bukan hanya untuk bersenang-senang, melainkan juga untuk menambah ilmu dan pengalaman. Perjalanan tidak sekadar menghabiskan uang, pelancong yang menyatukan itu akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Hal ini menarik bagi mahasiswa seperti saya, terlebih ditambah dengan perjalanan yang sangat hemat, Bagaimana bisa?. Dalam tulisan ini, saya, Arum Anggraeni, membagikan pengalaman perjalanan studi dan bulan madu hemat ke Korea Selatan dan Hong Kong menggunakan layanan paket pesawat + hotel Traveloka.

AWAL RENCANA PERJALANAN

      Pada bulan Agustus 2017, tepatnya tanggal 24 s/d 31 Agustus, saya dan suami saya, Barik Ali, mengadakan perjalanan untuk mengikuti sebuah Konferensi di Seoul, Korea Selatan (The 6th Bienneal Conference of the AsianSIL). Pada satu tanggal di antara tanggal tersebut adalah hari peringatan satu tahun pernikahan kami. Karena itu, sejak awal kami merencanakan untuk melanjutkan perjalanan dari Korea Selatan ke Hong Kong sebagai rangkaian trip studi dan berbulan madu hingga 3 September 2017.

PERSIAPAN YANG DILAKUKAN

Persiapan untuk mengikuti kegiatan Konferensi dan mengatur itinerary perjalanan sudah kami lakukan sejak 3 bulan sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, seperti pengajuan visa Korea Selatan (Informasi: Membuat Visa Korea Selatan - Arum Anggraeni) dan pembelian tiket pesawat dan hotel yang kami persiapkan secara mandiri. Kami belum pernah mengunjungi Korea Selatan dan Hong Kong sehingga semua persiapan dilakukan dengan bermodalkan pertanyaan kepada teman mengenai rekomendasi tempat wisata, bahan bacaan dari berbagai artikel di blog/website mengenai pengurusan visa dan transportasi domestik di 2 negara tersebut, dan app Traveloka yang kami gunakan untuk memesan tiket pesawat dan hotel sebagai persiapan yang utama.
Terkait persiapan dengan cara bertanya dan membaca, tentu saja merupakan hal lumrah yang dilakukan kebanyakan orang sebelum bepergian ke suatu tempat. Informasi yang didapatkan bisa saja sangat valid hingga kurang valid. Hal itu kami temui saat informasi tersebut ada yang benar-benar pas hingga sedikit meleset dari apa yang diperkirakan. Sementara itu, terdapat banyak keuntungan di saat kami menggunakan jasa Traveloka yang sudah berkelas internasional, yang memberikan layanan dengan jangkauan terhubung secara global dari paket-paket yang ditawarkan pada web dan app-nya. 
Dalam perjalanan kami, pemesanan tiket pesawat dan hotel dilakukan secara menyeluruh memercayakan kepada perusahaan Traveloka. Saya sudah mengenal Traveloka sejak beberapa tahun lalu, sehingga tak ragu membeli tiket pesawat dan hotel dalam perjalanan kami melalui jasanya. Saat melakukan persiapan, yang membuat saya dan suami saya terkesan adalah kemudahan memesan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket “pesawat + hotel” (sistem bundling) dengan harga yang lebih murah, ditambah diskon yang cukup banyak dari promo paket tersebut.

 
Tampilan App Traveloka



ALASAN MENGGUNAKAN PAKET PESAWAT + HOTEL TRAVELOKA

    Beberapa alasan yang membuat saya yakin untuk membeli paket pesawat + hotel Traveloka pada perjalanan kami adalah sebagai berikut: 


1. Setelah membandingkan harga pada pilihan jasa pemesanan pesawat dan hotel secara terpisah, saya menemukan bahwa harga melalui paket pesawat + hotel lebih murah ditambah dengan potongan harga dari promo paket tersebut;
2. Dalam pilihan di app Traveloka, saya dapat secara bebas memilih maskapai yang sesuai dengan rencana jam terbang dan melihat lokasi berbagai hotel beserta kelebihan dan kekurangan dalam rincian fasilitasnya;  
3. Pembooking-an melalui paket pesawat + hotel sekaligus memudahkan kami memesan secara bersamaan pada satu waktu; dan  
4. Pembayaran yang dilakukan cukup hanya dalam satu paket pemesanan.

    Bermodal app Traveloka yang sudah terpasang di handphone, saya mengecek berbagai penawaran paket pesawat + hotel untuk perjalanan kami. Beberapa hari kemudian, saya menemukan paket untuk penerbangan dari Jakarta ke Incheon dan kamar apartemen di Seoul yang lokasinya cukup strategis. Di minggu selanjutnya, selang waktu menunggu promo paket, saya dan suami saya mulai mencari penerbangan Incheon ke Hong Kong beserta penginapannya. Ketika promo mulai berlaku, kami pun tak menunggu lagi untuk memesannya. Berikutnya, saya menemukan penerbangan pulang dari Hong Kong ke Indonesia yang sesuai, dan saya kembali mengambil paket pesawat + hotel Traveloka. Hal tersebut lebih menguntungkan bagi kami, sehingga sesampainya di Indonesia kami menginap satu malam di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang mana lebih murah dari pada hanya membeli tiket pesawat saja.  
   Tentu tidak mudah menentukan tempat menginap di negara-negara yang belum pernah dikunjungi ditambah dengan mencari tiket pesawat yang sesuai. Pilihan di app Traveloka mempermudah kami untuk menentukan penginapan, karena secara detil menyebutkan ukuran kamar dengan rincian fasilitas hotel beserta jarak dari ikon tempat wisata yang menarik. Ditambah lagi, melalui paket pesawat + hotel, kami bisa dengan mudah membandingkan jam terbang dan harga antar maskapai penerbangan, sehingga memberikan keuntungan bagi kami yang sedang menyesuaikan anggaran dan waktu perjalanan. Sebagai informasi, paket pesawat + hotel yang pertama kali kami beli  adalah Air Asia dan Alice Residence, dilanjutkan dengan membeli paket Jeju Air dan Budget Hostel Chungking Mansion, dan terakhir adalah Tiger Airwaiys dan Airy Rooms Duri Kosambi seperti terlihat dalam gambar-gambar berikut (dengan total semua hanya 11 Jutaan Rupiah);

 

 



 


 


 


 

Paket-Paket Tiket Pesawat + Hotel untuk 2 orang yang dibeli di Traveloka


    Lebih jauh, saya dan suami saya mendapat kemudahan lain, yaitu paket pesawat + hotel yang mekanisme pembooking-annya dilakukan dalam satu waktu. Kemudahan yang didapat inilah yang memberikan hemat waktu kepada kami untuk mempersiapkan hal-hal kecil dan tambahan lainnya. Saya pun tak perlu lagi membuka pencarian pesawat dan hotel secara terpisah. Cukup mengklik pilihan tanggal keberangkatan beserta tanggal check-in dan check-out penginapan, penawaran paket akan muncul dengan rincian harga perorangan. Bagi pelanggan Traveloka yang hendak mencari paket low cost, dapat menyortir ke harga terendah, sehingga menemukan paket pesawat+hotel mulai dari harga yang paling murah.

Tampilan Paket Pesawat + Hotel App Traveloka

Pilihan Sortir  ke Harga Terendah di App Traveloka


Setelah melalui alur pilah dan pilih penawaran paket, yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Pada persiapan perjalanan kami, saya sangat terbantu dengan kemudahan paket pesawat + hotel, yang pembayarannya dilakukan dalam setiap pemesanan terdiri dari tiket penerbangan dan penginapan. Proses ini tentu saja cukup mudah dengan berbagai ketersediaan pilihan pembayaran Traveloka. Dalam perjalanan ini, kami memilih pembayaran melalui “mandiri debit” secara online, yang dapat dengan aman dan praktis dilakukan oleh pelanggan yang belum memasang pembayaran via mobile/web-banking. Dari kepraktisan itu ditambah dengan pembayaran tiket pesawat + hotel secara bersamaan menjadikan alasan memilih paket ini sudah sangat tepat bagi kami.

 
Pilihan Metode Pembayaran Traveloka


PERJALANAN LANCAR DAN MURAH, TANPA MASALAH

Pengalaman menggunakan paket pesawat + hotel ke Korea Selatan dan Hong Kong berjalan lancar tanpa masalah. Kami menggunakan berbagai maskapai penerbangan yang tak pernah sekalipun mempermasalahkan kode booking yang kami pesan melalui Traveloka, begitu pula dengan tempat menginap. Sejauh pengalaman menggunakan paket ini, saya mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan memesan langsung di penginapan-penginapannya. Kami membandingkan tempat menginap di Korea Selatan yang harganya jauh lebih murah, bahkan hanya sepertiga dari harga aslinya. Hal tersebut terjadi pula di Hongkong dan Indonesia. Saya dan suami saya jadi bisa menikmati waktu perjalanan konferensi dan bulan madu kami secara santai karena semua penerbangan dan penginapan sudah dipesan. 
Saya percaya bahwa Traveloka dan partner/mitra internasionalnya telah menetapkan standar yang baik dalam menampilkan data pemesanan yang akurat. Tampilan di app dan detil rincian serta harga paket yang hendak dipesan diberikan secara jujur. Dari pembahasan perjalanan kami, ini pertama kalinya saya menggunakan paket pesawat + hotel, dan tentu saja saya tidak menyesal. Dengan jasa yang terbilang baru tersebut, saya melihat Traveloka terus mengedepankan komitmennya untuk memberikan kemudahan memesan secara individu segala aktifitas berikatan dengan perjalanan dan wisata, hingga kali ini membuat saya jatuh cinta untuk menggunakan paket pesawat + hotel.

TAK PERLU RAGU DENGAN LAYANAN PESAWAT + HOTEL TRAVELOKA

Terlihat bahwa pengalaman saya adalah pergi-pulang dalam perjalanan hemat ke Korea Selatan dan Hong Kong. Namun, bagi pelanggan Traveloka yang tidak melakukan perjalanan Internasional dan belum pernah menggunakan paket ini, tak perlu ragu bila memesan untuk perjalanan domestik. Paket pesawat + hotel dapat dibeli oleh pelanggan yang akan melakukan perjalanan di dalam negeri. Terlebih lagi, banyak penawaran diskon dari promo spesial paket tersebut yang akan membuat perjalanan menjadi lebih hemat. Ini terbukti ketika saya memesan paket pesawat + hotel dalam perjalanan domestik di beberapa tempat di Indonesia, dengan bonus poin dari pembelian tersebut. Ini pun merupakan kelanjutan dari awal pertama kami menggunakan paket pesawat + hotel pada perjalanan ke Korea Selatan dan Hong Kong.
Dengan paket ini, para pelancong dapat memesan paket hotel berbeda dengan lokasi landing nya pesawat selama masih berada dalam satu negara. Setelah memilih pun, konsumen Traveloka masih bisa terus melakukan pengubahan detil pesawat + hotel hingga booking dilakukan. Jadi, para pengguna layanan ini tidak perlu meluangkan banyak waktu lagi untuk mencari penerbangan dan penginapan, serta tidak perlu takut lagi bila pilihan paket tidak sesuai keinginan.

AKHIR SHARING PENGALAMAN

Demikian pengalaman perjalanan studi dan bulan madu menggunakan paket pesawat + hotel yang saya pesan melalui app Traveloka. Ini menjadi perjalanan hemat dan menyenangkan bagi saya dan suami saya tercinta. Kami mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman, serta menikmati setiap momen bersama dalam perjalanan kami saat di Korea Selatan dan Hong Kong. Di lain kesempatan, perjalanan mengandalkan paket pesawat + hotel Traveloka akan selalu menjadi pilihan prioritas kedepannya. Terakhir, semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi pula bagi para pembaca yang hendak melakukan suatu perjalanan secara hemat dan penuh makna.

Komentar

  1. Selamat mbak sudah menang, ikut senang yg masih blogspot ada bbrpa yg jd juara, ketularan semangat untuk lbh rajin nulis deh saya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak ya mbak :) Alhamdulilah.. iyaa mari mbak saya juga masih belajar untuk rajin nulis.. semangat

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjalanan ke Sapporo, Hokkaido Jepang (Maret 2017)

Menikmati Minggu Siang dengan "Menu Sop Iga"

Mudah! Mengecek Pencernaan Anak Melalui Fitur Tummypedia Bebelac